Jonan, dalam sambutannya memaparkan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2015 mengangkat tema"Melalui Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2015, kita tingkatkan pelayanan publik perhubungan dengan kerja, kerja dan kerja”.
Sejalan dengan tema tersebut, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan terus berupaya meningkatkan kinerja kepada masyarakat. Berbagai langkah reformasi dan transformasi terus dilakukan untuk meningkatkan akses keselamatan dan pelayanan masyarakat.
Hal yang menjadi refleksi dalam peringatan Harhubnas adalah pentingnya konsistensi pada spektrum keselamatan (safety) dan pelayanan (hospitality). Meskipun perlu dilakukan efisiensi, akan tetapi dalam mengelola efisiensi tidak boleh mengurangi kualitas keselamatan dan kualitas pelayanan.
Sejalan dengan peringatan Harhubnas tahun 2015, telah dicanangkan pekan pelayanan publik perhubungan. Kegiatan tersebut, dilaksanakan melalui beberapa kegiatan antara lain : peningkatan kebersihan, keramahan dan kenyamanan pelayanan jasa perhubungan dari masing-masing unit kerja di Pusat dan Daerah, Unit Pelaksana Teknis (UPT) maupun BUMN.Harapannya, ujar gerakan tersebut bisa terus berlanjut.**