Semenjak berdiri pada tahun 1962, ternyata perjalan panjang Bank Nagari dalam menggerakkan perekonomian masyarakat Sumatera Barat, tidak sia-sia. Dihari ulang tahun emasnya yang ke-50 ini, Bank Nagari kian dewasa dan mampu memberikan kontribusi yang besar terhadap roda perekonomian Sumatera Barat.
Tak hanya sekedar klise semata, setiap tumpukan kalender, selalu menyisakan momentum yang fenomenal dan prestasi yang terukir bagi Bank Nagari. Berbagai penghargaan dalam kinerja keuangan maupun membangun ekonomi kerakyatan telah diperolehnya. Sebagai satu-satunya lembaga perbankan milik masyarakat Sumbar ini, Bank Nagari tidak terlena akan capaian yang diraih. Tetapi diwujudkannya dengan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
Dan dibalik tabir setiap momen itu, tentunya tidak lepas dari tangan dingin dan peranan sosok Suryadi Asmi sebagai Direktur Utama Bank Nagari yang dikenal lowprovile dan brilian dalam memanejemen perusahaan. Apalagi ia sosok yang telah lama berkecimpung dalam dunia perbankan. Sehingga menjadi modal dan pondasi yang kuat bagi sosok kemajuan Bank Nagari kedepannya.
Ini disampaikan ketua panitia HUT ke-50 Bank Nagari Dedi Cardi kepada wartawan beberapa menit lalu.
Menurut Dedi, sosok Suryadi Asmi pantas ditempatkan sebagai tokoh “fenomenal” yang disejajarkan dengan enterpreneur-enterpreneur nasional lainnya, yang mampu membawa perbaikan dan pergerakkan roda perekonomian masyarakat.
Hari ini, genap sudah Bank Nagari merayakan ulang tahun emasnya yang ke 50. Berbagai rangkaian kegiatan sosial dan kemasyarakatan dipersembahkannya kepada masyarakat. Seperti pertandingan sepakbola, Futsal, gerak jalan santai, bulutangkis, golf dan perlombaan mancing. Selain itu juga dilaksaksanakan kegiatan sosial anjangsana dengan memberikan bantuan kepada panti asuhan, bank sampah kesekolah-sekolah, donor darah, penyerahan raskin bagi warga kurang mampu serta go green (penghijauan) disepanjang jalan Raden Saleh Kota Padang dengan jumlah pohon lebih kurang 79 batang.
Seolah haus akan kemajuan dalam mensejahterakan masyarakat, dengan motto “Melayani dengan Penuh Pengabdian, setiap denyut pergerakkannya, baik dalam kebijakan maupun terobosan untuk mewujudkan Bank Nagari sebagai lembaga perbankan yang terpercaya, terus diupayakannya.
Tentu, majunya suatu perusahaan tidak terlepas dari Top Management yang handal, dan capable dalam membuat strategi kebijakan yang jitu. Apalagi dengan persaingan yang semakin ketat, perusahaan tak hanya dituntut memberikan pelayanan yang prima, namun diperlukan kerja keras stakeholder yang ada untuk terus berpacu. Hasilnya, perusahaan tersebut kini kian berkembang dengan asset mencapai telah mencapai lebih kurang 12 Triliun pada Tahun 2011.
Kita berharap, dalam kedewasaannya ini, Bank Nagari akan terus menyatu dan tidak lengah dan lalai dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Sumatera Barat. Karena atas kepercayaan masyarakatlah maka Bank Nagari dapat maju dan berkompetiter dengan lembaga perbankan lainnya. Nal Koto